Powered by Blogger.

Cari di Blog Perpustakaan

Tuesday, December 28, 2010

Layanan Umum



Layanan sirkulasi

Layanan sirkulasi adalah layanan yang diberikan kepada para pemustaka (pengguna perpustakaan)  untuk memperoleh peminjaman bahan pustaka serta penyelesaian administrasinya. Termasuk juga didalamnya denda keterlambatan, perpanjangan waktu peminjaman.

Koleksi yang disirkulasikan (bisa untuk dipinjam) adalah koleksi buku yang terdapat dibagian koleksi umum pada lantai I (pertama) gedung perpustakaan. Untuk layanan sirkulasi ini akan diupayakan bersifat komputerisasi dalam melakukan transaksi pinjaman.

Adapaun sampai saat ini system layanan yang digunakan adalah sistemlayanan terbuka (open access) dimana pemustaka dapat memilih dan membaca serta mengambil buku sesuai yang dikehendaki untuk dipinjam dari ruang koleksi.


Layanan referensi

Layanan referensi adalah layanan dalam bentuk bantuan, petunjuk atau berupa bimbingan untuk menemukan bahan pustaka atau informasi yang diperlukan. Laanan referensi juga buku-buku rujukan, seperti kamus, ensiklopadi, buku pedoman, handbook dan lain-lainnya, yang hanya bisa dibaca di tempat atau difotokopi.
Koleksi bahan referensi ditempatkan pada lantai II (dua) gedung perpustakaan.

Layanan bimbingan

Layanan bimbingan adalah suatu kegiatan pelayanan yang diberikan kepada pemustaka (user)  khususnya anggota baru perpustakaan dalam hal ini mahasiswa baru. Layanan bimbingan ini biasanya dikenal dengan orientasi perpustakaan bagi mahasiswa baru. Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun, jika anggaran tersedia oleh perpustakaan STAIN Manado.

Layanan orientasi perpustakaan ini dmaksudkan untuk memberikan penjelasan tentang kegunaan dan manfaat perpustakaan sebagai pusat indormasi dan dokumentasi, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. 

0 comments:

  © lib.stainmanado is copyright to Djunaidi Lababa 2011

Kembali ke ATAS