Powered by Blogger.

Cari di Blog Perpustakaan

Wednesday, January 5, 2011

Tujuan dan Fungsi

Sebagai bagian integral dari suatu perguruan tinggi, kegiatan perpustakaan diselenggarakan dengan tujuan untuk menunjang pelaksanaan program perguruan tinggi sesuai dengan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan pengajaran, penelitan serta pengabdian pada masyarakat. Secara umum tujuan perpustakaan perguruan tinggi adalah :


  1. Terwujudnya perpustakaan yang memenuhi standar sebagai perpustakaan induk dengan berbagai fasilitasnya.
  2. Meningkatkan fungsi perpustakaan sebagai pusat belajar dan penelitian bagi segenap civitas akademika universitas khususnya, dan masyarakat pada umumnya.
  3. Memenuhi informasi masyarakat perguruan tinggi baik itu tenaga pengajar / dosen, peneliti, mahasiswa maupun para tenaga admiistrasi.
  4. Meningkatkan pelayanan bahan pustaka, termasuk pelayanan rujukan (referens).
  5. Meningkatkan kwalitas sarana dan prasarana
  6. Menigkatkan pemeliharaan bahan pustaka
  7. Menyediakan bahan pustaka rujukan (reference) pada semua tingkat akademis, baik mahasiswa, tenaga pengajar maupun peneliti.
  8. Menigkatkan pengolahan administrasi dan penataan koleksi bahan pustaka.

Fungsi perpustakaan STAIN Manado
Perpustakaan perguruan tinggi merupakan mengemban peran yang sangat vital dalam proses Tri Dharma perguruan tinggi. Upaya untuk merealisasikan peran tersebut, perpustakaan memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :
a.  Fungsi edukasi. Perpustakaan merupakan sumber belajar sivitas akademika, oleh karena itu koleksi yang disediakan adalah koleksi yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, pengorganisasian bahan pelajaran setiap program studi, koleksi tentang strategi belajar mengajar dan materi pendukung pelaksanaan evaluasi pembelajaran.
b.  Fungsi informasi. Perpustakaan diharapkan mampu menjadi sumber informasi yang mudah diakses oleh pencari dan pengguna informasi.
c.  Fungsi riset. Perpustakaan mempersiapkan bahan-bahan primer dan sekunder yang paling mutakhir sebagai bahan untuk melakukan penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Koleksi pendukung penelitian di perpustakaan perguruan tinggi mutlak dimiliki, karena tugas perguruan tinggi adalah menghasilkan karya-karya penelitian yang dapat diaplikasikan untuk kepentingan pembangunan masyarakat dalam berbagai bidang.
d.  Fungsi rekreasi. Perpustakaan harus menyediakan koleksi rekreatif yang bermakna untuk membangun dan mengembangkan kreativitas, minat dan daya inovasi pemustaka.
e.  Fungsi publikasi. Perpustakaan selayaknya juga dapat membantu melakukan publikasi karya yang dihasilkan oleh masyarakat universitas yaitu para sivitas akademika dan staf non-akademik.
f.  Fungsi deposit. Perpustakaan menjadi pusat deposit untuk seluruh karya dan pengetahuan yang telah dihasilkan oleh warga perguruan tingginya.
         g. Fungsi interpretasi. Perpustakaan sudah seharusnya melakukan kajian dan memberikan nilai                                 tambah terhadap sumber-sumber informasi yang dihasilkan untuk membantu pengguna dalam melakukan tri dharmanya.

0 comments:

  © lib.stainmanado is copyright to Djunaidi Lababa 2011

Kembali ke ATAS