Powered by Blogger.

Cari di Blog Perpustakaan

Wednesday, January 5, 2011

Sejarah Perpustakaan STAIN Manado


Kelahiran Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Manado merupakan embrio cikal bakal dari Institut Agama Islam (IAI) Sulawesi Utara. Berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI  Nomor 18 tanggal 5 Juli tahun 1988 Fakultas Syari’ah IAI Sulawesi Utara diresmikan menjadi Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Alauddin di Manado yang merupakan salah satu Fakultas di Daerah dengan keberadaan induknya di Makassar.

Keberadaan perpustakaan sudah ada semenjak tahun 1989 walaupun fasilitas pendukung masih sangat minim, seperti ruangan yang belum representatif, karena status bangunan masih pinjaman dari bekas kantor Departemen Agama Manado yang bersebelahan dengan PGA Negeri Manado yang sekarang dikenal dengan MAN Model Manado. Begitu juga pada jumlah bahan pustaka yang masih minim, disebabkan pengadaan bahan pustaka masih bergantung dari IAIN Alauddin Makassar dan bantuan-bantuan dari tokoh-tokoh muslim Manado sebab belum ada kemandirian dari Fakultas Syari’ah yang berada di Manado untuk pengadaan bahan pustaka.

Sesuai Keputusan Presiden RI. Nomor 11 Tahun 1997 tertanggal 21 Maret 1997 Tentang : Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) di seluruh Indonesia, dimana dalam Keputusan Presiden tersebut menegaskan bahwa semua Fakultas yang berada di daerah atau yang berafiliasi ke IAIN dirubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Hal inilah yang kemudian melatar belakangi berdirinya STAIN Manado.
Dengar mandirinya pengelolaan STAIN Manado, maka hal tersebut berimbas pula pada pengelolaan perpustakaan. Perlahan namun pasti, perpustakaan STAIN Manado mulai berkembang ke arah yang lebih professional. Penambahan buku serta sarana dan prasarana yang lain senantiasa dilakukan dari tahun ke tahun.

Pada akhirnya, tahun 1999 Perpustakaan STAIN Manado sudah dapat menempati gedung baru berlantai dua dengan luas tanah 650 M2. Pada tahun 2007 perpustakaan melakukan uji coba menggunakan sistem komputerisasi untuk sirkulasi dan penelusuran bahan pustaka. Namun hal ini belum berjalan sesuai yang diharapkan hal tersebut disebabkan karena sebagian alat perangkatnya  masih belum maksimal.

Pada akhir Agustus 2007 perpustakaan STAIN Manado sudah menggunakan sensormatic (3 M Library Security System) alat ini akan mendeteksi bahan pustaka yang dibawa keluar tanpa melalui prosedur yang benar. Demikian juga dalam ruangan sudah tersedia CCTV untuk kontrol pengunjung baik dibagian sirkulasi dan referensi.

B. Adapun Nama-Nama Kepala Perpustakaan STAIN Manado yang pernah memimpin adalah :
1. Drs. M. Farham                                       : Tahun 1992 s.d 1994
2. Dra. Rosmala Syarib                               : Tahun 1994 s.d 1998
3. Drs. M. Farham                                       : Tahun 1998 s.d 1999
4. Dra. Rosmala Syarib                               : Tahun 1999 s.d 2000
5. Drs. Ikrar                                                 : Tahun 2000 s.d 2004
6. Muslim, S.Ag                                          : Tahun 2004 s.d 2007
7. Drs. M. Farham                                       : Tahun 2007 s.d sekarang.

C. Pegawai Perpustakaan STAIN Manado.
  1. Drs. M. Farham                                   : Kepala Perpustakaan (Pustakawan)
  2. A. Ronny Iskandar, S.Sos                  : Staf Perpustakaan (Pustakawan)
  3. Mulim, S.Ag., S.Hum                         : Staf Perpustakaan (Pustakawan)
  4. Lucky Dj. Manoppo, S.HI                  : Staf Perpustakaan (Pelaksana)
  5. Aditya Fathonah Toreh, S.HI             : Staf Perpustakaan (Pelaksana)
  6. Nur Fitri Latif, SE, Ak                       : Staf Perpustakaan (Pelaksana)
  7. A. Mazhar Badoh, S.Ag                     : Staf Perpustakaan (Pelaksana)
  8. Djunaidi Lababa, S.Pd.I.                    : Staf Perpustakaan (Pelaksana)

0 comments:

  © lib.stainmanado is copyright to Djunaidi Lababa 2011

Kembali ke ATAS