Powered by Blogger.

Cari di Blog Perpustakaan

Thursday, January 20, 2011

Keajaiban yang terabaikan

(resensi buku keajaiban pada laba-laba)
Oleh: Djunaidi L

Harun Yahya,  seorang penulis buku terkenal dari Turki, kini hadir lagi dengan sebuah buku tentang keajaiban pada laba-laba. Untuk edisi dalam bahasa Indonesia, buku ini diterbitkan oleh  penerbit dzikra pada tahun 2004. Dengan kualitas kertas yang bagus serta disertai foto-foto yang menakjubkan tentang laba-laba, maka sangat mengasyikkan untuk membaca buku tersebut.
Laba-laba adalah makhluk yang sering kita temui dalam kehidupan kita sehari-hari.  Dalam film-film, kita sering melihat hewan ini diidentikkan dengan hewan pembunuh yang sangat ganas. Hamper tidak ada film yang menggambarkan laba-laba sebagai hewan yang baik.
Laba-laba merupakan makhluk yang unik. Bahkan saking uniknya, laba-laba bahkan di gunakan Allah sebagai nama salah satu surat dalam al Qur’an. Allah mempersonifikasikan  sarang laba-laba dengan orang yang mengambil pelindung selain daripadanya.
Perumpamaan orang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah seperti laba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah ialah rumah laba-laba kalau mereka mengetahui.
(QS: 29: 41)

Sebagaimana nyamuk, laba-laba adalah makhluk kecil yang dianggap bukan sesuatu yang penting oleh  kebanyakan manusia. Namun Harun Yahya, lewat bukunya ini memandang laba-laba sebagai sesuatu yang unik dan menarik. Lewat buku ini, beliau menjelaskan laba-laba lewat 5 bab.

Bab pertama bercerita tentang cara laba-laba berburu untuk mendapatkan makanan. Disini beliau menjelaskan tentang jenis-jenis laba-laba dan bagaimana cara mereka berburu makanannya. Sungguh menakjubkan bahkan tidak pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya.

Bab kedua bercerita tentang karakteristik laba-laba pelompat. Sedangkan bab ketiga tentang keajaban sutera. Bagaimana benang yang sangat halus itu dibuat serta pemanfaatannya bagi kehidupan manusia.
Bab keempat tentang jarring laba-laba. Tentang kemampuan jarring tersebut serta model-model yang terilhami darinya. Dan bab terakhir bercerita tentang keajaiban penciptaan.

Jika anda tidak memiliki cukup dana untuk membeli buku tersebut, datang saja ke perpustakaan STAIN Manado dan temukan buku ini dengan kode 596.82.
Kami menantikan kunjungan anda...

0 comments:

  © lib.stainmanado is copyright to Djunaidi Lababa 2011

Kembali ke ATAS